Kegiatan Senam di Posyandu Remaja Lavender

Posyandu remaja merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat ( UKBM ) yang dikelola dan di selenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja. Kegiatan posyandu remaja juga memiliki manfaat bagi remaja itu sendiri yaitu yang merupakan tujuan dari posyandu remaja salah satu manfaat nya adalah mendorong remaja untuk melakukan aktifitas fisik yang positif di masa pandemi ini dan sebagai aktualisasi diri dalam kegiatan peningkatan derajat kesehatan remaja. Tidak hanya membawa manfaat bagi remaja, posyandu remaja juga memberikan bantuan kepada pihak kelurga dan masyarakat yaitu terbantu dalam membentuk mental anak yang mampu berprilaku hidup bersih, sehat dan memiliki keterampilan sosial yang baik. Oleh karena itu Akademi Kebidanan Anugerah Bintan melakukan suatu kegiatan sosialisasi tentang edukasi manfaat posyandu remaja di posyandu lavender di masa pandemi serta melakukan kegiatan senam bersama.

Kegiatan senam dimulai pukul 7.00 WIB (10/01) bertempat di posyandu lavender,  Mahasiswa yang dibantu oleh kader kesehatan posyandu menyiapkan halaman yang digunakan untuk lokasi senam. Para mahasiswa berkumpul dihalaman dan berbaris rapi dengan tetap menerapkan physical distancing. Ketua BEM, Azura  membantu merapikan barisan dan menjadi instruktur senam bersama kader kesehatan lainnya.

Senam yang diikuti ini berjalan dengan seru. Pasalnya, banyak yang nampak sangat antusias mengikuti seluruh gerakan senam. Namun tak sedikit juga yang hanya diam berdiri menyaksikan rekannya yang lain senam. Antusiasme tidak hanya terlihat dari ibu-ibu, namun juga dari mahasiswa dan para kader kesehatan. Mereka memandu jalannya kegiatan dengan ceria dan penuh semangat.

Tujuan diadakannya kegiatan senam persendian ini mengingat para ibu-ibu adalah golongan yang mudah terserang virus disaat pandemi. Peningkatan imunitas untuk menjaga diri dari serangan virus bisa dilakukan dengan melakukan senam secara rutin. Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar sehingga imunitas tubuh meningkat. “Di sini kami mengajak ibu-ibu untuk menjaga kesehatan dengan kegiatan senam.

Menjaga imunitas tubuh agar tetap stabil di masa pandemi ini bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti makan makanan bergizi, tetap mematuhi protokol kesehatan, olah raga teratur, dan masih banyak lagi. Kegiatan senam yang digalakkan oleh mahasiswa Akademi Kebidanan Anugerah Bintan ini adalah bentuk kepedulian mereka terhadap kesehatan warga agar siap menjalani keseharian di era new normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.